Abstract

Indonesia merupakan negara yang telah dikenal sebagai salah satu negara yang mempunyai keanekaragaman hayati tinggi. Salah satu kekayaan flora indonesia yang banyak  digunakan adalah family Moraceae. Salah satu tanaman dari suku Moraceae yaitu awar-awar (Ficus septica Burm.f). Awar-awar pada dunia Daun awar-awar dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga perlu dilakukan standardisasi pada ekstraknya.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui senyawa metabolit yang terkandung di dalam daun awar-awar serta kadar total metabolit sekunder.


Ektraksi daun awar-awar menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 96 % untuk mendapatkan filtrat. Filtrat yang diperoleh dipekatkan menggunakan rotary evaporator pada suhu 60°C hingga diperoleh ekstrak pekat. Ekstrak yang diperoleh di uji kualitatif dengan uji Alkaloid, Flavonoid, Saponin dan Tanin dengan menggunakan pereaksi yang sesuai dengan parameter uji. Sedangkan untuk uji Kuantitatif pada senyawa alkaloid, flavonoid, saponin dan tanin menggunakan metode Spektrofotometri UV-Visible. Hasil uji kualitatif menunjukkan bahwa daun awar-awar positif mengandung senyawa Alkaloid ditandai dengan adanya endapan orange, Flavonoid ditandai dengan terbentuknya warna merah ungu, Tanin ditandai dengan warna hijau kehitaman dan Saponin adanya busa yang stabil. Hasil Uji kuantitatif Alkaloid sebesar 0,16% b/b , Saponin sebesar 8,21% b/b,Tanin sebesar 68,76 % b/b dan Flavonoid sebesar 6,33 % b/b.